Monday, March 2, 2009

Syarat Mendapatkan Yoga (Siang Ying)


Banyak penekun Tantrayana sudah lama menjalankan sadhana tetapi belum juga mencapai Yoga. Apakah hal demikian mungkin terjadi? Jika ditinjau lebih lanjut, hal ini mungkin saja terjadi.

Dharma yang benar
Yang pertama Anda harus tahu apakah Dharma (ajaran/ilmu) yang Anda tekuni itu adalah ajaran yang benar. Ini penting sekali. Jika ajaran yang Anda tekuni tidak jelas asal usulnya, ajaran ini tidak sepenuhnya benar, tidak mempunyai kebenaran para Buddha, tidak mempunyai tata cara ritus yang teratur. Bila demikian, sulit sekali mencapai Yoga. Jadi poin yang sangat penting ini adalah ajaran yang benar dan asli.

Sadhana yang benar
Point kedua, dalam bersadhana, anda harus menyelesaikan seluruh tata cara ritus yang telah ditetapkan. Perhatikan tata cara yang benar dan selesaikan dengan sempurna. Sempurna maksudnya tidak ada kepincangan dari awal hingga akhir. Umpamanya bila Anda dalam melaksanakan sekali puja bakti, namun hanya sampai setengah, memanjatkan sutra setengah-setengah, menjapa mantra setengah-setengah, seluruhnya setengah-setengah, jika demikian halnya, yoga takkan diperoleh. Jadi tata cara ritus penekunan Anda harus lengkap dan sempurna. Maka kesimpulannya sadhana Anda harus lengkap dan mulus, dari awal hingga akhir, demikian baru disebut sempurna. Hal ini penting untuk mendapatkan Yoga.

Menjalankan Sila
Hal yang ketiga, Anda harus menjalankan Sila dengan sungguh-sungguh, seperti 50 Bab Peraturan Terhadap Guru, dan 14 Pantangan dalam Tantrayana. Seorang penekun secara pribadi harus mampu menjalankan sila. Bila Anda tidak sanggup menjalankan Sila, Yoga takkan diperoleh. Jadi, selain Dharma yang benar, tata cara yang sempurna, Anda juga harus memegang teguh Sila dan menjalankannya. Jika Sila dipegang teguh dan dijalankan, Anda pasti mendapatkan Yoga.

Perlindungan Dharmapala
Point keempat, dalam menjalankan sadhana, harus diperlukan kehadiran Dewa Pelindung untuk melindungi Anda. Anda akan memperoleh Yoga bila terdapat kehadiran Dharmapala dimana melindungi Anda. Hal ini tak kalah pentingnya, hendaklah terdapat kehadiran Delapan Dewa Naga [Thien Lung Ba Pu] yang tak berwujud itu dimana melindungi Anda.

Bagaimanapun hal ini patut diperhatikan. Bila Anda dilindungi Delapan Dewa Naga, sudah mudah mencapai Yoga. Sebaliknya bila Delapan Dewa Naga tidak melindungi Anda, sadhana yang Anda jalankan adalah sia-sia, tak ada gunanya. Jadi point keempat yang perlu diperhatikan ini adalah Delapan Dewa Naga hendaknya melindungi Anda.

Membangkitkan Bodhicitta
Point kelima, bilamana Anda ingin mendapatkan Yoga, semestinya harus membangkitkan Bodhicitta, selanjutnya Anda mesti menyeberangkan makhluk hidup, bukan semata-mata menolong diri sendiri, masih harus menolong sanak saudara, masih harus menolong teman sendiri maupun teman seperguruan, bahkan sampai segala manusia yang tidak Anda kenal sekalipun, pembangkitan hati yang demikian sangat agung, itulah maha pembangkitan Bodhicitta. Maha Bodhicitta sudah ada, ketulusan hati Anda mendalam, demikianlah kelima persyaratan yang merupakan persyaratan memperoleh Yoga. Bila Anda mempunyai kelima persyaratan pencapaian Yoga ini, dijamin Anda akan mencapai Yoga. Tak boleh satupun yang kurang, misalnya pembangkitan hati Anda tidak cukup, ketulusan hati Anda tidak cukup, tata cara mesti sempurna, Sila harus dipegang teguh, Delapan Dewa Naga melindungi Anda, ketulusan Anda abadi dan mendalam, dan Anda membangkitkan Maha Bodhicitta adalah untuk menyeberangkan makhluk hidup, keenam persyaratan ini telah Anda penuhi, anda mudah mencapai Yoga. Bila kelima persyaratan ini tidak Anda penuhi, Anda berusaha keras dan memohon, kepala pun sudah dibenturkan sampai bocor, juga tidak bisa memperoleh Yoga.
Om.Mani Pemi.Hum

Dharmadesana Maha Gurucarya Lien Sheng
di Vihara Khasanah Vajra Pusat, Seattle, 7 Nov 1991


Amitabha,
Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment